Membaca Semakin Mudah menggunakan "iJakarta" Perpustakaan Digital Jakarta

Kamu suka membaca? Pernah ngerasa kesulitan harus membeli, meminjam bahkan membawa buku bacaan ke mana-mana? Tidak mungkin kan kamu cuma membaca 1 buku? Pasti ada 2 atau lebih buku yang kalian baca. Tenang! Sekarang ada cara yang lebih mudah untuk membaca buku tanpa harus berat-berat bawa buku ke mana-mana dan tanpa harus beli di toko buku juga tanpa harus ke perpustakaan untuk pinjam buku. Cukup dengan smartphone berbasis android, iOS dan windows kamu sudah bisa baca buku semau kamu! Caranya kamu tinggal gunakan aplikasi iJakarta yang dapat di download gratis.


iJakarta adalah sebuah platform media sosial untuk mengakses e-Bookstore & e-Pustaka, membangun jaringan/komunitas sesama pembaca, dan juga tentunya sebagai e-Reader untuk membaca eBook. iJakarta dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari desktop dan PC berbasis situs (web-based), netbook dan tab based hybrid (tab-base application), dan mobile (smartphone-based application).

iJakarta sekarang dapat digunakan warga Indonesia secara gratis di mana saja dan kapan saja tidak terbatas untuk warga Jakarta saja. Bagi pengguna android yang mau download aplikasi ini bisa klik di sini. Pengguna iOS klik di sini. Pengguna windows klik di sini.

Agar iJakarta dapat berjalan dengan baik maka diperlukan spesifikasi yang sesuai. Spesifikasi minimal adalah:

Spesifikasi Minimal Untuk Android
❶ 4.0 and up
❷ 1 GB of RAM
❸ 4-inch display size

Spesifikasi Minimal Untuk iPhone/iPod
❶ Required iOS 7.0 or later
❷ Optimized for iPhone 5
❸ Compatible for iPhone and iPod Touch

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial "iJakarta" bertujuan agar masyarakat dapat mengakses buku-buku berkualitas secara mudah.

Hal tersebut disampaikannya secara langsung dalam acara peluncuran aplikasi "iJakarta" sekaligus peringatan puncak Hari Anak Jakarta Membaca (Hanjaba) yang digelar di Balai Kota DKI.

"Tujuan diluncurkannya aplikasi perpustakaan digital bernama iJakarta ini adalah supaya seluruh warga bisa mengakses buku-buku yang berkualitas secara mudah dan cuma-cuma," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Selain itu, menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, keberadaan aplikasi tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh para penerbit untuk menerbitkan buku secara digital.

"Tentu saja aplikasi perpustakaan digital ini bisa dijadikan sebagai ajang promosi buku dari penerbit. Tanpa harus dicetak, banyak yang bisa dihemat. Jadi, aplikasi ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," ujar Ahok.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta Tinia Budiati menuturkan aplikasi tersebut menyediakan ribuan judul buku dengan berbagai macam kategori.

"Kategorinya itu mulai dari buku pelajaran sekolah, perkuliahan, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah serta buku-buku populer lainnya. Semuanya bisa diakses warga secara gratis," tutur Tinia.

Dia mengungkapkan aplikasi itu turut didukung oleh sejumlah penerbit, antara lain Gramedia Pustaka Utama, Erlangga, Agro Media Group, Mizan, Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia, Bhuana Ilmu Populer, Kepustakaan Populer Gramedia, Penerbit Kanisius, UGM Press, UNS Press dan UB Press.

"Dengan adanya dukungan itu, maka koleksi buku yang ada didalam perpustakaan elektronik ini akan terus bertambah. Sehingga, masyarakat memiliki kesempatan untuk mengakses buku lebih banyak lagi," ungkap Tinia.

Sumber : ijakarta.id, antaranews.com

Post a Comment

PERINGATAN..!!
1. Berkomentarlah Sesuai Judul Diatas Dengan Sopan dan Jangan Spaming !
2. Dilarang Berkomentar Yang Mengandung Unsur Pornografi dan Sara !

[blogger][facebook][disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget